Pages

Tuesday 4 February 2020

Mahasiswa UMBY Gelar Sekolah Pasar Online bagi Pedagang Pasar Sambilegi

Mahasiswa UMBY Gelar Sekolah Pasar Online bagi Pedagang Pasar Sambilegi. istimewa. Mahasiswa UMBY sedang mengajari pedagang Pasar Sambilegi belajar media sosial. Di era modern saat ini, bisnis online berkembang sangat pesat. Saat ini banyak pelaku usaha yang mulai menjalankan bisnis online untuk mengembangkan usahanya.



Namun kemajuan teknologi saat ini belum sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Salah satunya kalangan pedagang di pasar-pasar tradisional.  Hal itu pula yang terjadi di Pasar Sambilegi, Sleman.


• Kendalikan Harga, Disperindag Sleman Kembangkan Pengolahan Cabai
Sebagian besar pedagang di pasar ini masih menjalankan usahanya secara tradisional. Hal itulah yang mengilhami para mahasiswa Universitas Mercubuana Yogyakarta yang tengah melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Sleman untuk menggelar sekolah pasar online bagi para pedagang di Pasar Sambilegi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan nantinya para pedagang yang selama ini berdagang secara tradisional bisa menerapkan teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Para pedagang bisa mempromosikan sekaligus menjual barang dagangannya secara online sehingga meningkatkan penghasilannya. Ketua kelompok KKN 38 UMBY, Eko Iza mengatakan melalui sekolah pasar online ini diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia para pedagang.

"Kami mengenalkan media sosial kepada para pedagang untuk mengembangkan usahanya. Kita ajak para pedagang untuk belajar menggunakan media sosial, fotografi hingga editing medsos untuk berbisnis,"katanya dalam rilis yang diterima Tribunjogja.com, Senin (3/2/2020).

Selain itu, dalam program sekolah pasar online ini, kata Eko,pihaknya juga memberikan pelatihan marketing lewat media sosial. "Harapannya bisa meningkatkan pendapatan para pedagang,"imbuhnya.

Sementara itu ketua kelompok 39, Gunartatik Esthiningtyas menambahkan program yang dijalankan oleh pihaknya ini akan dilaksanakan selama sebulan kedepan. "Tentunya yang memberikan pelatihan sudah kompeten di bidangnya masing-masing," imbuhnya. (Tribunjogja.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Mahasiswa UMBY Gelar Sekolah Pasar Online bagi Pedagang Pasar Sambilegi, https://jogja.tribunnews.com/2020/02/04/mahasiswa-umby-gelar-sekolah-pasar-online-bagi-pedagang-pasar-sambilegi.
Penulis: Hari Susmayanti
Editor: Gaya Lufityanti

No comments:

Post a Comment

Tentang Fakultas Agroindustri UMBY

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki program studi sebagai berikut: Agroteknologi (S1) - Akreditasi A In...