Pages

Wednesday 28 September 2022

Cerita Konferensi Internasional di Jepang

Sebuah cerita singkat dari Pak Rinaldi Munir saat ikut konferensi di Jepang 28/9/2022, dikutip dari akin FB Pak Rinaldi. Konferensi internasional ICAICTA 2022 di Toyohashi, held by Toyohashi University of Technology.

Orang Jepang menyelenggarakan konferensi internasional simpel/sederhana saja, tidak perlu diadakan di hotel besar, di tempat wisata, dan sebagainya.



Cukup diadakan di ruangan seminar kecil di kampus atau di area publik seperti mal atau gedung eksibisi. Tidak ada sambutan atau seremoni dan acara kesenian seperti tarian untuk pembukaan.

Konsumsi pun cukup makanan kotak saja. Break time cukup dengan teh dan kopi saja. Praktis dan simpel. Orang Jepang memang tidak mementingkan seremoni, tetapi pada substansi saja. 

Namun sebaliknya mereka sangat suka dan antusias mengikuti konferensi internasional di Indonesia, apalagi diadakan di tempat wisata seperti di Bali, Lombok, Bandung, dsb. 

Dan orang kita adalah orang yang ramah tamah dengan tamu, sehingga kita biasa mengadakan acara konferensi secara megah dan mewah, di hotel berbintang, di tempat wisata, dengan makanan yang berlimpah. Beda negara beda kultur.


Cerita lian dari Jepang, Pada zaman ponsel dan internet seperti saat ini, di pinggir jalan di kota Toyohashi masih ditemukan telepon umum untuk telepon internasional. Masih ada penggunanya kali ya.

No comments:

Post a Comment

Tentang Fakultas Agroindustri UMBY

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memiliki program studi sebagai berikut: Agroteknologi (S1) - Akreditasi A In...